Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Telekomunikasi Fiber Optik

Pada zaman dulu, manusia telah menggunakan bermacam cara untuk melakukan komunikasi. Dimulai dari barang contohnya seperti alat penerang obor dan alat pukul drum, hingga surat serta telpon, Namun pada setiap zaman pastinya memiliki teknologi komunikasi yang berbeda-beda. Salah satu contohnya yaitu teknologi baru yang telah mengubah cara kita untuk berkomunikasi ialah kabel fiber optik.

Image by : freepik
Kabel fiber optik adalah teknologi yang memungkinkan untuk mengirimkan data dalam bentuk sinyal cahaya melalui serat optik yang tipis dan fleksibel. Kabel fiber optik sudah mengubah cara kita untuk dapat berkomunikasi ataupun berinteraksi ke seluruh dunia, dan telah menjadi suatu hal penting dari bagian infrastruktur jaringan global.

Nah untuk itu, mari simak dengan baik!
Sedikit Sejarah Mengenai Kabel Fiber Optik

Sebuah konsep sederhana penggunaan cahaya yang berguna untuk mengirim informasi telah dikembangkan sejak ribuan tahun yang lalu, namun perkembangan kabel optik modern belum dimulai hingga pertengahan abad ke 20.

Pada tahun 1950-an, 2 ilmuwan yang berasal dari Inggris bernama Narinder Singh Kapany dan Harold Hopkins telah menemukan sebuah teknologi kabel optik modern yang dapat digunakan untuk komunikasi. Mereka pun menemukan cara untuk membuat serat optik yang fleksibel dan transparan, hingga cahaya dapat melewatinya tanpa perlu menghilangkan banyak energi.

Dan di tahun 1966, 2 ilmuwan bernama George Hockham dan Charles Kao yang berasal dari Standard Telecommunication Laboratories di Inggris sudah mempublikasikan makalah pertama mereka yang berjudul tentang cara menggunakan serat optik untuk media transmisi. Makalah tersebut membahas keuntungan menggunakan serat optik untuk media transmisi dibandingkan dengan kabel sebelumnya dengan bahan tembaga yang digunakan pada era itu. Mereka telah membuktikan bahwa serat optik tersebut mempunyai kemampuan yang dapat mengirimkan sinyal sangat jauh ditambah dengan kecepatan yang sangat cepat daripada kabel dengan bahan tembaga.

Setelah hal itu terjadi, banyak ilmuwan yang terus melakukan penelitian serta pengembangan pada kabel optik tersebut. Pada tahun 1970-an, kabel optik sudah mulai digunakan secara komersial oleh banyak perusahaan telekomunikasi di seluruh penjuru dunia. Namun perlu diketahui, kabel optik yang pertama kali digunakan adalah di Jepang, Amerika Serikat, serta Eropa Barat.

Di tahun 1980-an, kabel optik terus berkembang secara pesat dan menjadi lebih baik dan lebih efisien. Teknologi amplifikasi fiber optik memungkinkan sinyal optik dapat dipancarkan sangat jauh tanpa menghilangkan banyak energi. Hal tersebut membuka sebuah peluang baru untuk menghubungkan wilayah yang sangat jauh serta memungkinkan transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Pada tahun 1990-an, kabel optik menjadi lebih terjangkau dan lebih banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Hingga kabel optik menjadi tulang punggung jaringan telekomunikasi secara global, karena memungkinkan orang untuk terhubung ke internet serta berkomunikasi dengan mudah di seluruh penjuru dunia.

Di abad ke 21, kabel optik terus menerus berkembang dan menjadi lebih canggih. Kabel optik yang digunakan hingga sekarang bisa mengirimkan sinyal dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan dengan jumlah data yang sangat besar. Ini dapat memungkinkan kita untuk melakukan streaming video berkualitas sangat tinggi.

Nah, sekian artikel sejarah perkembangan kabel fiber optik. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Perkembangan Telekomunikasi Fiber Optik"